Demokrat DKI Jakarta Ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1439 H

Demokrat DKI – Ramadhan telah tiba di penghujung waktu, maka berganti masa untuk menyambut datangnya hari kemenangan, Hari Raya Idulfitri 1439H. Berdasarkan proyeksi waktu penetapan berakhirnya Bulan Ramadhan dan datangnya Bulan Syawal, pemerintah melalui Kementerian Agama RI masih akan melakukan sidang Itsbat pada sore hari ini (14/06). Sementara itu, Muhammadiyah yang merupakan salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia telah menetapkan Hari Raya Idulfitri akan dilaksanakan pada Jumat (15/6) esok.

Perbedaan proyeksi mengenai kapan pergantian Bulan Ramadhan dengan Bulan Syawal dalam kalender islam tiba, disebabkan oleh perbedaan metodologi dalam penentuan tanggal penetapan. Muhammadiyah menggunakan metode Hisab sementara Kementerian Agama RI menggunakan metode Rukyat.

Namun, hal tersebut tidak menghalangi kebahagiaan umat muslim Indonesia menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri. Berkenaan dengan hal tersebut, DPD Demokrat DKI Jakarta melalui Ketua DPD, Santoso, SH mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1439 H. Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin terhadap seluruh umat muslim Indonesia dan Jakarta khususnya.

“Saya mengucapkan kepada umat muslim di manapun berada, khususnya kepada warga Jakarta, selamat merayakan Idulfitri 1439 H. Tak lupa juga saya memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan saya secara pribadi maupun saya selaku Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta kepada seluruh warga Jakarta. Permohonan maaf saya ini juga mewakili seluruh pengurus, kader, dan simpatisan DPD Demokrat DKI Jakarta. Semoga ibadah puasa kita selama Bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT dan kita semua senantiasa diberi keberkahan oleh-Nya,” ucap Santoso, di Jakarta hari ini (14/06).

Dalam penyampaiannya terkait perayaan Idulfitri 1439 H, Santoso, SH berpesan agar warga Jakarta selalu berkhidmat dalam menyambut hari raya. Hal terpenting bagi Santoso, SH adalah meresapi essensi Hari Raya Idulfitri sebagai momentum kita untuk berbuat hal yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama.

“Essensi Hari Raya Idulfitri adalah kembali ke fitrah, kembali ke jati diri kemanusiaan kita, kembali pada jalan lurus, jalan Illahiah. Semoga kita semua merupakan manusia yang selalu diberikan hidayahnya. Terpenting dari Hari Raya Idulfitri adalah kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya dan tentunya semakin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama. Hadits nabi menyebutkan “Khoirunnas Anfa ‘Uhum Linnas”, sebaik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya,” jelasnya.

  Ketegasan Anies Dipertanyakan, Demokrat Beri Rekomendasi Persoalan Reklamasi

Selain mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1439 H, Santoso, SH dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan pesan kepada warga DKI yang hendak melaksanakan takbir keliling di Jakarta nanti, untuk mematuhi segala peraturan yang ditetapkan pemerintah dan menjaga ketertiban sebagai wujud cinta terhadap DKI Jakarta.

“Untuk warga yang ingin melaksanakan perayaan malam takbiran di Jakarta agar kita bersama-sama menjaga ketertiban wilayah yang kita cintai ini. Kita ikuti dengan tertib dan aman arahan pemerintah berkenaan dengan perayaan takbir keliling, pemerintah juga telah mengakomodasi titik-titik pemusatan massa untuk perayaan malam takbiran. Agar semuanya berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sekedar informasi untuk perayaan malam takbiran di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan takbiran di 5 titik wilayah di Jakarta. titik malam takbiran di Jakarta Timur berada di Masjid Jami’ At-Taqwa di Jalan Pisangan Baru Timur. Sementara di Jakarta Barat berada di Area CNI, depan Lippo Mall Puri Indah dan di Rusun Tambora. Sedangkan malam takbiran di Jakarta Pusat berada di sepanjang jalan KH. Mas Mansyur, Tanah Abang dan Masjid Jami Al Islam, Petamburan. Titik takbiran di Jakarta Selatan ada di halaman kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Titik terakhir yakni Jakarta Utara, berada di Masjid Al Hidayah, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok.

Komentar Facebook