Foto: Anggota DPRD Fraksi Demokrat DKI Jakarta, HA. Nawawi

Demokrat DKI – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menargetkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Sistem Pendidikan dimulai bulan ini.

“Kita akan mulai bulan ini. Karena sebenarnya kita sudah selesaikan naskah akademiknya,” ujar Anggota Baperda DPRD DKI Jakarta, HA. Nawawi, Selasa (3/10).

Baca Juga: HA Nawawi: Sistem Pendidikan di Negeri Ini Tidak Memenuhi Asas Keadilan

Politisi Demokrat itu menuturkan, Raperda tentang Sistem Pendidikan merupakan satu dari dari tujuh raperda yang diusulkan atau inisiatif DPRD Fraksi Demokrat DKI Jakarta dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda).

Namun, Anggota DPRD Fraksi Demokrat itu mengungkap bahwa pembahasan Raperda saat ini masih berkutat soal Pengelolaan Pasar.

“Sampai saat ini kita masih membahas Raperda tentang Pengelolaan Pasar,” katanya.

Sebelumnya, Nawawi juga pernah mengusulkan adanya kesetaraan kualitas pendidikan antara sekolah negeri, swasta dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Ibukota.

“Dalam Raperda Sistem Pendidikan, saya usulkan tidak ada lagi perbedaan kualitas pendidikan antar sekolah,” ujar Nawawi, Ketua Pokja I Bapemperda DPRD DKI Jakarta, Jumat (16/6) lalu.

  Kerap Alami Defisit, Komisi E Sarankan Perbaikan Managemen BPJS

Ia menjelaskan, penyamarataan kualitas pendidikan ini bisa dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan menanggung Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) peserta didik dari sekolah negeri sampai madrasah.

“Kalau wajib ya kita siapkan semua, tidak ada bedanya. Mereka anak Jakarta, anak bangsa juga yang menurut UUD berhak mendapatkan layanan pendidikan,” katanya.

Nawawi melanjutkan, di dalam Raperda Sistem Pendidikan juga diatur setiap sekolah swasta dan madrasah berhak mendapatkan bantuan fasilitas seperti peralatan laboratorium, perpustakaan dan alat praktik lainnya.

“Mekanismenya bisa dengan mengajukan proposal lebih dulu, lalu kita datangkan tim untuk meninjau. Seperti itu kira-kira teknisnya,” ucapnya.

Menurut Nawawi, saat ini pihaknya telah merampungkan naskah akademis dan draf Raperda Sistem Pendidikan.

“Target kami raperda ini diparipurnakan, dan akan segera diselesaikan,” tandasnya.(dpd)

Komentar Facebook